Minggu, 30 Mei 2010

PANDAN WANGI SEBAGAI OBAT REMATIK DAN PEGAL LINU


Dari aromanya yang khas ini, menjadikan daun pandan wangi merupakan komponen penting dalam tradisi masakan indonesia dan negara-negara asia tenggara lainnya. Pandan wangi merupakan tumbuhan monokotil dari famili pandanaceae dengan aroma yg sangat khas. Pandan wangi ternyata tidak saja berguna untuk kepentingan masak memasak tetapi, bisa juga lho jadi obat, berikut ini beberapa khasiat pandan wangi :
1.Lemah syaraf
Daun pandan segar sebanyak 3 lembar cuci bersih lalu dipotong kecil-kecil, rebus dengan 3 gelas air bersih sampai menjadi 2 gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum pagi dan sore hari, masing-masing 1 gelas.
2.Rematik
Daun pandan segar sebanyak 3 lembar cuci bersih iris tipis-tipis, seduh dengan 1/2 cangkir minyak kelapa yang telah dipanaskan sambil diaduk rata. Setelah dingin siap digunakan untuk menggosok bagian tubuh yang sakit.
3.Pegal Linu
Daun pandan sebanyak 5 lembar dan daun serai sebanyak 20 lembar, di cuci lalu ditumbuk sampai halus, tambahkan minyak kayu putih dan minyak gandapura masing-masing 1 sendok makan, aduk sambil diremas sampai merata. ramuan ini digunakan untuk menggosok dan mengurut bagian yang sakit.
4.Ketombe
Daun pandan sebanyak 7 lembar dicuci bersih lalu digiling halus, tambahkan 1/2 cangkir air bersih sambil diremas merata, peras dan saring. Air perasan lalu dioleskan keseluruh kulit kepala yang berketombe, biarkan mengering. Kira-kira 30 menit sampai 1 jam kemudian rambut dibilas dengan air bersih, lakukan setiap hari sampai sembuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ingin punya kerja sampingan menghasilkan dollar ??? klik disini....daftar gratisss...